SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI
Get me outta here!

Rabu, 21 Oktober 2020

Cara Merawat Cupang

Merawat cupang itu adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan agar cupang kalian tidak mudah sakit.

Banyak sekali cara untuk merawat cupang, disini saya akan berbagi beberapa tips untuk merawat cupang..

1. Pemberian Pakan

 Pemberian pakan adalah hal yang paling penting untuk ikan cupang, walaupun cupang bisa hidup tanpa makan 7 hari tetapi kalian juga harus tetap memberinya pakan yang teratur. Pemberian pakan yang bagus adalah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Karena cupang ikan predator, cupang lebih bagus jika diberikan pakan hidup, seperti jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra dll. 

Jentik

Perlu diingat pakan hidup dari alam itu tidaklah bersih, kalian harus membersihkannya terlebih dahulu, seperti contohnya jentik nyamuk yang kalian ambil dari selokan, kalian harus membersihkannya dengan cara merendam jentik itu di air yang sudah dilarutkan air biru (methylene blue) dan garam ikan, agar jentik yang kalian ambil itu steril. Jika tidak dibersihkan maka cupang akan terkena penyakit seperti; jamuran (white spot), siknas (sisik nanas), dll. Jika kalian malas atau tidak ingin repot kalian juga bisa kasih pakan pakai pakan instan seperti; pelet, baby shrimp dll, sudah banyak kok yang jual di toko ikan.

 2. Mengganti Air

  Mengganti air adalah hal yang wajib kalian lakukan, mengganti air cupang yang paling bagus adalah 3-5 hari sekali. Caramya cukup mudah, pertama ambil cupang anda dengan serokan lalu taruh di wadah sementara, bersihkan toples cupang anda dengan sikat cuci piring, jika sudah bersih isi kembali dengan air dengan perbandingan 3:4, jika sudah tambahkan sejumput garam ikan, dan 1 tetes methylene blue (obat biru) dan daun ketapang secukupnya, lalu jika sudah larut garam dan air birunya masukkan kembali cupang ke toplesnya, selesai dehh, gampang kann.. >//<

3. Mengolahragakan Cupang 

 Nah yang ketiga adalah mengolahragakan cupang, "wah gimana tuh cupangnya disuruh push up?" nggak lahh, caranya gampang banget kok, kalian ambil cermin kecil lalu tempelkan di toplesnya nanti cupangnya bakal buka katup insangnya (ngedok), 

Nah kalau cupang kalian gak mau ngedok berarti ada 2 kemungkinan, pertama cupang kalian sakit, kedua mental cupang kalian buruk. BTW cupang kalau jarang di olahragain cupangnya jadi gampang kena penyakit lohh,.


Mungkin segini aja dulu ya beberapa tips merawat ikan cupang, sampai jumpa di next postingan... >\\<




0 komentar:

Posting Komentar