SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI
Get me outta here!

Rabu, 04 November 2020

Cara Mengawinkan Cupang

 




 Halooo,, disini saya bakal berbagi cara untuk mengawinkan ikan cupang.

Ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari percupangan. Sebenernya banyak banget cara buat mengawinkan ikan cupang, hampir setiap breeder (peternak cupang) itu punya cara masing masing, jadi cara yang saya bagikan disini adalah cara saya sendiri. Oke langsung simak aja yaaa >//<

1. Menyiapkan Indukan

         Biasanya saya melakukan beberapa treatment ke indukan agar saat dibreed (dikawinkan) hasilnya  memuaskan. Berikut cara yang saya lakukan:

  1. Sering membuka sekat jantan, hal ini dilakukan agar si jantan berani dan tidak takut saat dikawinkan.
  2. Memberi makan betina dengan jentik, minimal 2 kali sehari hal ini bertujuan untuk mematangkan telur yang dibawa oleh betina.
  3. Mengganti air betina 1 hari sekali.
         Saya melakukan treatment ini selama 1-2 minggu agar hasilnya maksimal.

2. Menyiapkan Tempat

         Kalau indukan udh ditreatment selanjutnya adalah meniapkan wadah, wadahnya biasa apa aja kok ga perlu besar besar. Lakuin ini di sore hari yaa, Caranya adalah :

  1. Isi wadah dengan air yang sudah diendapkan selama 1 malam, isinya jangan banyak banyak ya cukup setengah isi dari wadahnya aja.
  2. Kasih ketapang dan garam ikan secukupnya.
        Kalau udah lakuin cara diatas tutup dan biarkan sampai besok pagi.

3. Eksekusi

        Sekarang adalah waktu yang kita tunggu tunggu yaitu mengawinkan cupang,, pastikan cupang kalian dalam keadaan fit yah, kalau udah yakin cupang dalam keadaan fit lakuin cara dibawah 

Pertama, Masukkan pejantan ke wadah yang udah disiapkan tadi ya, Taruh plastik ditepi wadah, yang berguna untuk pejantan menaruh sarang gelembung disitu.


Kedua, Tutup dan biarkan pejantan hingga siang, ini bertujuan agar pejantan menguasai tempat.

Ketiga, Disiang hari masukkan betina, taruh betinanya didalam gelas plastik yang dipotong setengah agar mereka saling mengenal dan tidak saling melukai. >///<


Keempat, Di sore hari pastikan pejantan telah membuat sarang gelembung, jika sudah ada sarang gelembung, ambil gelas plastik dan tutup wadah agar cupang tidak terganggu dan stress.

Kelima, Di pagi hari, buka tutup dengan perlahan, jika sudah ada telur di sarang gelembung angkat betina. Jika belum, tutup dan biarkan hingga sore hari, dan cek kembali apakah sudah bertelur, jika sudah bertelur angkat betina.

Keenam, Jika betina sudah diangkat, tutup kembali hingga telur menetas dalam 36-48 jam.

Udah dehh, gampang kan??, saat cupang sedang dibreed gak usah dikasih makan yaa, ga bakal mati kok, dan jangan sering sering diintipin nanti cupang stress ga mau kawin atau hasil kawinnya gak maksimal,. Taruh wadah breednya di tempat sepi ya, jangan di tempat dekat orang yang lalu lalang, karena itu bisa ngeganggu cupangnya juga.

   Mungkin segitu aja ya caranya, kalau kalian masih bingung atau ga paham di youtube juga banyak caranya. Makasih yang udah baca sampai akhir, kalau belum paham komen aja, mohon maaf kalau ada salah kata soalnya saya juga masih belajar, Dipostingan berikutnya bakal ada cara merawat burayak 4-10 hari. Tungguin terus yaa, Dadahh >////<

0 komentar:

Posting Komentar